Apa Saja Sih Format Berita?


 


1. ReaderIni ialah pola informasi TV yang sangat simpel, cuman berbentuk lead in yang dibaca pembawa acara. Informasi ini benar-benar tidak mempunyai gambar atau diagram. Ini bisa berlangsung sebab naskah informasi dibikin demikian dekat sama waktu deadline, serta tidak pernah digabungkan dengan gambar.Juga bisa, sebab perubahan kejadian baru sampai ke tangan redaksi, saat tayangan informasi sedang berjalan. Karena itu perubahan terkini ini juga disisipkan di tengah-tengah program tayangan. Informasinya bisa terkait atau mungkin tidak terkait dengan informasi yang tengah disiarkan. Reader umumnya benar-benar singkat. Waktu maksimumnya 30 detik.

Peminat Sabung Ayam Online Semakin Bertambah

2. Voice Over (VO)Voice Over (VO) ialah pola informasi TV yang lead in serta badan informasinya dibacakan oleh pembawa acara semuanya. Saat pembawa acara membaca badan informasi, gambar juga disisipkan sesuai kerangka isi cerita.


3. Natsound (alamiah sound, suara lingkungan) Natsound (alamiah sound, suara lingkungan) yang terekam dalam gambar dapat di hilangkan. Tapi, umumnya natsound selalu dipertahankan, untuk membuat keadaan dari kejadian yang dikabarkan. Sebelumnya menulis naskah informasi, pasti Wartawan harus menyaksikan dahulu gambar yang telah didapat, sebab tetap cerita yang dicatat harus pas dengan visual yang disiarkan. VO waktunya benar-benar singkat (20-30 detik).


4. Voice Over -- Diagram VO-Grafik ialah pola informasi TV yang lead in serta badan informasinya dibacakan oleh pembawa acara semuanya. Tetapi, saat pembawa acara membaca badan informasi, tidak ada gambar yang menyertainya terkecuali cuman diagram atau tulisan. Ini kemungkinan mau tak mau dilaksanakan sebab kejadian yang diliput sedang berjalan serta redaksi belum terima kiriman gambar peliputan yang dapat disiarkan.


5. Sound on Tape (SOT)Sound on Tape (SOT) ialah pola informasi TV yang cuman berisi lead in serta soundbite dari pembicara. Pembawa acara cuman membacakan lead in informasi, selanjutnya diikuti oleh pengakuan pembicara (soundbite). Pola informasi ini diputuskan bila pengakuan pembicara dipandang lebih penting ditonjolkan dibanding diatur berbentuk cerita. Pengakuan yang diputuskan untuk SOT seharusnya yang sangat penting atau menegangkan, bukan yang datar-datar saja. Pola SOT ini dapat memiliki sifat jadi pendamping dari informasi yang barusan disiarkan awalnya, atau juga bisa berdiri dengan sendiri. Waktu SOT disamakan dengan keperluan, tetapi umumnya optimal 1 menit.


6. Voice Over -- Sound on Tape (VO-SOT) VO-SOT ialah pola informasi TV yang menggabungkan voice over (VO) serta sound on tape(SOT). Leadin serta isi badan informasi dibacakan pembawa acara. Lalu diakhir informasi ditampilkansoundbite dari pembicara jadi pendamping dari informasi yang sudah dibacakan awalnya. Pola VO-SOT diputuskan bila gambar yang ada kurang memikat atau kurang menegangkan, tetapi ada pengakuan pembicara yang penting ditonjolkan untuk lengkapi cerita di akhir informasi. Keseluruhan waktu diinginkan tidak lebih dari 60 detik, di mana seputar 40 detik untuk VO serta 20 detik untuksoundbite.


7. Package (PKG)Package ialah pola informasi TV yang cuman lead in-nya yang dibacakan oleh pembawa acara, tapi isi informasi adalah paket terpisah, yang disiarkan demikian pembawa acara usai membaca lead in. Paket informasi telah dibungkus jadi 1 kesatuan yang utuh serta cocok di antara gambar, cerita,soundbite, serta grafis. Lazimnya badan informasi ditutup dengan cerita. Pola ini diputuskan bila data yang didapat telah komplet, gambarnya dipandang lumayan menarik serta menegangkan. Jika di rasa penting, wartawan bisa ada dalam paket informasi itu (stand up) di awal atau akhir informasi. Waktu optimal keseluruhan seputar 2 menit 30 detik.


8. Live on CamLive on Cam ialah pola informasi TV yang ditayangkan langsung dari lapangan atau tempat peliputan. Sebelumnya wartawan di atas lapangan sampaikan laporan, pembawa acara terlebih dahulu membacakan lead in dan dia panggil wartawan, di atas lapangan untuk sampaikan hasil liputannya dengan komplet. Laporan ini dapat juga disisipi gambar yang berkaitan. Sebab tayangan live membutuhkan ongkos telekomunikasi yang mahal, tidak seluruhnya informasi perlu ditayangkan dengan cara langsung. Pola ini diputuskan bila nilai informasinya sangat penting, mengagumkan, serta kejadiannya masih berjalan. Bila kejadiannya telah berjalan, memerlukan bukti-bukti yang diperlihatkan langsung ke penonton. Waktunya disamakan dengan keperluan.


9. Live on Tape (LOT)Live on Tape ialah pola informasi TV yang direkam dengan cara langsung dalam tempat peristiwa, tetapi tayangannya diundur (terlambat). Jadi, wartawan merekam serta membuat laporannya dalam tempat peliputan, serta penayangannya baru dilaksanakan setelah itu. Pola informasi ini diputuskan untuk memperlihatkan jika wartawan datang dalam tempat kejadian. Tetapi, tayangan tidak dapat dilaksanakan dengan cara langsung sebab alasan tehnis serta ongkos. Walau tayangannya diundur, aktualitas harus tetap terbangun. Waktu dapat disamakan dengan keperluan, tetapi umumnya lebih singkat dari pola Live on Cam.


10. Live by PhoneLive by Phone ialah pola informasi TV yang ditayangkan dengan cara langsung dari tempat kejadian dengan memakai telephone ke studio. Lead in informasi dibacakan pembawa acara, dan dia panggil wartawan yang berada di lapangan untuk sampaikan laporannya.Muka wartawan serta peta tempat kejadian umumnya ditampilkan berbentuk grafis. Bila ada, juga bisa disisipkan gambar kejadian awalnya.


Postingan populer dari blog ini

Robert Murat

scientists really wish their examine assists potential scientists as well as clinical experts

DIGITAL FINGERPRINTS BOOST IOT DEVICE SECURITY